Jong ie Jupgi - Seni melipat kertas ala Korea

by - Oktober 01, 2016



Hayo ngaku, waktu kecil kalian pasti pernah kan belajar melipat kertas (origami)? Pake kertas warna-warni dibentuk mulai dari kapal sampe kodok 😁 Ternyata Korea juga punya lho seni melipat kertas ala negeri ginseng. Budaya tradisional itu dinamakan Jong ie Jupgi (Korean Traditional Paper Culture)
Beberapa hari lalu, saya dapat kesempatan belajar Jong ie Jupgi di Korean Cultural Center Indonesia. Ga tanggung-tanggung Pusat kebudayaan korea indonesia yang berada di Equity tower tersebut, mendatangkan langsung instruktur melipat kertas yang sudah sangat terkenal di Korea, Mr. Kim Young-Man.



Mr. Kim Young-man adalah Ketua Asosiasi Penelitian Seni Murni Korea dan Profesor Jurusan Pendidikan Seni Anak di Universitas Masan, Korea. Beliau juga mendirikan Korea Paper Culture Foundation - World Jongie Jupgi Organization. Pada 2015, Mr. Kim Young-man menerima Penghargaan Khusus di ajang MBC Entertainment Awards. Ia juga kerap tampil di televisi, antara lain di "TV Kindergarten" di KBS, "My Little Television" dan "Tok-tok Kids School" di MBC, "Taman Kanak-kanak Ding-Dong-Dang" di EBS, serta "Oh My Baby" di SBS.
Singkat cerita, setibanya di multifunction hall KCC, saya dan seluruh peserta yang hadir, terpukau mengagumi deretan pajangan jongie jupgi yang sengaja dipasang oleh panitia penyelenggara. Dengan nilai seni tinggi kertas-kertas tersebut bak lukisan warna warni.



Tepat pukul 16.00, acara dimulai, masing-masing peserta duduk berkelompok di meja-meja yang sudah disediain buku,gunting,lem dan kertas (for FREE)







Saat Mr. Kim memperkenalkan diri, ia menceritakan dirinya sudah 30 tahun terjun dalam seni melipat kertas korea ini (WOW!), dan kenapa dipilih Indonesia untuk dikunjungi, karena dia dengar budaya pop korea banyak digemari di Indonesia. Mr. Kim ingin bukan saja k-pop,k-drama dan hallyu yang dikenal, tapi juga seni-seni lain dari korea πŸ‘ Dan khusus untuk event ini Mr.Kim membawa tim nya yang terdiri dari 14 guru kesenian yang turut menyebarkan seni melipat kertas di 14 kota di Korea (daebak!)





Dari kelas ini saya juga jadi tahu, rupanya masyarakat Korea saat hendak melipat kertas, diawali dengan meneriakkan kalimat "Cui Cui Cui" sebanyak tiga kali. Ga ada arti khusus, biar tambah semangat aja katanya πŸ˜‚
Dua jam tak terasa, saya dan peserta lain sudah menghasilkan empat karya lipatan kertas hasil arahan Mr.Kim n team, kata Mr.Kim yang dia ajarkan ini level basic buat anak-anak, hihihi... Untuk bentuk-bentuk dasar, seni melipat kertas ala korea cukup mudah dilakukan, tapi kalo sudah yang rumit sepertinya saya masih harus banyak belajar atau lihat panduan nya lagi di buku, hehehe...Kalo kalian masih penasaran gimana sih melipat kertas ala korea alias Jong ie jupgi , banyak kok video Mr.Kim di YouTube atau coba cari bukunya



Beruntung banget rasanya ikutan kelas ini, biarpun cuma dua jam, tapi pengalaman yang saya dapatkan tak ternilai. Semoga lain waktu KCC kembali mengadakan acara serupa yaa..



Kamsahamnida ^^
Kim Jeong Naa

 

 

You May Also Like

2 komentar

  1. Jujur saya baru kenal Kim Seon Saeng. Saya seniman kertas juga dan sangat bersyukur bisa ikutan acara ini. Saya selalu memberi hastag #쒅이접기 di setiap postingan karya saya, tapi saya tidak kenal dengan Masternya. Cuma berteman dengan seniman2 kertas asal Korea lewat SNS. Sekarang akhirnya tahu Kim Seon Saeng. Sungguh suatu kehormatan bisa bertemu beliau. Saya juga menunjukkan karya saya kepada beliau, dan beliau menyimpannya di dompet. Waaaaaa... seneng bangeet.

    BalasHapus
  2. Wah mbak Rika seneng banget karya nya bisa disimpen Mr Kim. Sayang kita kemarin ga sempet kenalan ya πŸ˜ƒ

    BalasHapus